Bahaya Flek Paru Pada Bayi

      Comments Off on Bahaya Flek Paru Pada Bayi

Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan Pada Anak Anda Tanpa Pengobatan
Waspadai Bahaya Flek Paru Pada Bayi dan Anak Sejak Dini

Bahaya Flek Paru Pada Bayi

Sebagai mana kita ketahui bahwa paru-paru adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengatur pernafasan. Jiak paru-paru kita sudah terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, maka bukan tidak mungkin seiring berjalannya waktu, fungsi paru-paru dapat terganggu dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru itu sendiri. Yang salah satu akibatnya adalah terjadilah penumbukan zat-zat buruk yang mengendap di paru-paru dan menyebabkan adanya flek di paru-paru.

Saat ini penyakit flek paru-paru tidak asing lagi kita dengar, bahkan penyakit ini kerap kali menyerang bayi dan anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga sangat sensitif terhadap benda aasing yang disekitarnya. Flek paru, ditandai badan panas tinggi dan batuk-batuk. Penyakit ini muncul akibat tertular dari orang lain yang telah terinfeksi TBC. Bisa jadi, batuk merupakan indikasi dari berbagai penyakit yang bisa dialami anak. Tetapi bila batuk disertai gejala sesak napas, kemungkinan ini pertanda ia terserang flek paru.

Penyakit ini dapat berakibat sangat fatal terhadap setiap bagian tubuh terutama pada organ paru-paru. Bahaya dan dampak yang paling menakutkan dai penyakit plek paru-paru ini asalah bisa memyebabkan kematian pada penderitanya dan bahkan menurut catata BKKBN, jumlah penderita penyakit TBC di Indonesia tergolong tinggi mencapai 450.000 kasus dan 65.000 diantaranya meninggal.

Menurut dr  Elijawati, Sp.A (K), dokter mitra spesialis anak RS Telogorejo Semarang selama ini ada kesalahan persepsi yang terlanjur berkembang di masyarakat, bahwa flek paru identik dengan penyakit Tuberkulosis (TBC/TB). Padahal banyak penyakit lain yang juga ditandai dengan adanya flek ini. Biasanya jika dokter mendiagnosis flek paru bisa dimungkinkan ada keraguan dokter, bisa jadi karena alat diagnosisnya belum banyak, jadi masih belum tegas.

Dengan mengetahui gejala awal flek paru-paru sejak dini dapat memperbesar peluang kesembuhan secara total dengan pemberian obat maupun antibiotik yang tepat. Namun bila terlambat, apalagi jika sudah disertai komplikasi, tentu akan lebih sulit. Pengobatan akan berlangsung lama dan harus dijalani secara intensif, bisa dengan jangka pendek atau panjang, jangka pendek minimal 6 bulan dengan pengobatan teratur. Selain itu diperlukan juga pemeriksaan lanjutan, untuk melihat seberapa besar keberhasilan pengobatan yang diberikan tersebut, juga untuk mengetahui apakah obat-obatan tersebut berdampak positif dalam penyembuhan.

Yang perlu diperhatikan, bagi para orang tua yang anaknya telah mengidap flek paru ataupun positif TBC tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. TBC bisa disembuhkan secara tuntas apabila penderita mengikuti anjuran dokter untuk minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Orang tua juga harus waspada dan perhatian ekstra pada anak karena jika penderita  tidak rutin untuk meminum obatnya biasanya pengobatan bisa gagal dan perlu diulang.

Bahaya Flek Paru Pada Bayi